HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw
5 Tips Membuat Desain CV untuk Para Jobseeker

Iklan Billboard 970x250

5 Tips Membuat Desain CV untuk Para Jobseeker


Bagi para jobseeker atau para pencari kerja, membuat Curriculum Vitae atau CV adalah sebuah hal yang wajib dilakukan jika ingin diterima bergabung dengan perusahaan impian. CV merupakan salah satu dokumen yang dibutuhkan ketika ingin melamar kerja. Dalam sebuah CV, biasanya memuat berbagai informasi relevan dari seorang jobseeker. 

Membuat Desain CV untuk Para Jobseeker 

Nyatanya, membuat CV tidak semudah yang dibayangkan. Para jobseeker seringkali tidak tahu bagaimana mengemas CV agar bisa menarik perhatian recruiter. Agar tidak bingung dan kamu bisa segera diterima kerja, coba ikuti tips membuat CV berikut ini. 

1. Gunakan desain yang simpel 
Tips yang pertama adalah gunakna desain CV yang simpel. Kamu boleh membuat CV lebih berwarna dengan tambahan ornamen yang menarik. Namun harus diingat, kamu perlu membuatnya tetap terlihat simpel dan elegan. Jangan terlalu ramai apalagi terkesan penuh dengan warna-warna yang kamu tambahkan. 

Jika kamu melamar di industri kreatif, memiliki CV dengan format yang menarik bisa sekaligus dijadikan sebagai portofolio. Tapi jika kamu melamar di institusi formal, lebih baik gunakan CV yang lebih simpel. 

2. Tambahkan deskripsi diri 
Tambahkan deskripsi diri ketika kamu menyusun CV untuk melamar kerja. Deskripsikan diri kamu dalam beberapa kalimat pendek. Pastikan deskripsi yang kamu tulis mewakili dirimu yang sesungguhnya. Deskripsi ini bisa memuat perkenalan singkat, kemampuan yang kamu miliki, serta ketertarikanmu terhadap hal-hal tertentu. 

Selain menuliskan deskripsi diri, kamu juga sebaiknya melengkapi data diri dengan tanggal lahir, riwayat pendidikan, dan yang paling penting kontak yang bisa dihubungi. Kamu juga bisa menuliskan akun sosial media yang kamu miliki. Jika kamu memiliki Linkedin, kamu bisa memasukkan tautan halaman Linkedin kamu di CV agar terlihat lebih profesional. 

3. Tambahkan soft skill 
Jangan lupa tambahkan soft skill pada bagian CV yang kamu buat. Kebanyakan orang mendesain bagian ini dalam bentuk skala. Padahal bisa jadi skala yang kamu gunakan dengan yang digunakan oleh recruiter itu berbeda. 

Agar tidak terjadi kesalahpahaman, lebih baik kamu menjelaskan dengan singkat tentang soft skill yang kamu miliki itu. Misalnya begini, kamu menuliskan soft skill negosiasi. Untuk membuktikan seberapa hebat kemampuan negosiasi yang kamu miliki, kamu perlu memberikan contoh pencapaian dengan kemampuan tersebut. Dengan begitu, recruiter bisa menilai seberapa hebat kemampuan yang kamu miliki. 

4. Tulis pengalaman kerja dengan spesifik 
Tips yang keempat adalah menuliskan pengalaman kerja dengan spesifik. Sebaiknya kamu tidak hanya menuliskan jabatan, nama perusahaan, dan lamanya waktu mengabdi. Kamu juga perlu mendeskripsikan dengan singkat tugas dan tanggung jawab selama di posisi tersebut. Jika ada pencapaian atau prestasi yang kamu miliki di riwayat kerja sebelumnya, kamu juga bisa menuliskannya di bagian ini. 

5. Tulis pengalaman yang relevan 
Jika kamu memiliki segudang pengalaman berorganisasi dan pengalaman kerja, jangan tulis semuanya. Curriculum Vitae yang baik jumlahnya tidak lebih dari dua lembar. Untuk itu, kamu hanya perlu menuliskan pengalaman yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Apabila kamu menuliskan semuanya, bisa jadi tidak akan cukup semuanya dituliskan di dua lembar kertas. 

Dengan hanya menuliskan pengalaman yang relevan, kamu tidak bisa menggunakan satu CV saja untuk semua jabatan yang kamu lamar. Kamu perlu membuat desain CV baru untuk jabatan atau posisi baru yang kamu lamar. 

Demikian 5 tips membuat CV bagi para jobseeker agar bisa menarik perhatian recruiter. CV yang menarik tidak hanya dilihat dari tampilannya saja. Tapi tidak dapat dipungkiri, desain CV yang menarik tentu mampu menarik perhatian recruiter. Apalagi jika dibarengi dengan riwayat pendidikan dan pengalaman kerja yang menakjubkan.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar