HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw
Menurut Pakar IT, Inilah Bahayanya Menggunakan Aplikasi FaceApp

Iklan Billboard 970x250

Menurut Pakar IT, Inilah Bahayanya Menggunakan Aplikasi FaceApp


Untuk mempercantik tampilan gambar atau selfie, kini banyak sekali aplikasi edit foto yang bisa kamu unduh di Playstore maupun App Store. Aplikasi-aplikasi tersebut tentunya bisa membuat foto selfie menjadi lebih berbeda seperti aslinya, seperti warna yang lebih terang, background yang lebih cantik, hidung yang lebih mancung, pipi yang lebih tirus, dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu saja bisa membuat kamu lebih percaya diri saat memposting foto tersebut di media sosial. 

Aplikasi FaceApp 

Baru-baru ini, media sosial diramaikan dengan hashtag “10 Years Challenge”, yang mana banyak orang memposting foto perbandingan dirinya yang sekarang dengan yang akan datang. Hal tersebut tentu saja menjadi candu tersendiri bagi kamu sehingga laman utama media sosial dipenuhi dengan wajah “kakek, nenek, dan cucunya”. Trending tersebut tentu saja bukan tanpa adanya bantuan aplikasi. Aplikasi FaceApp kini menjadi incaran para penggemar selfie untuk membuat wajah mereka menjadi berbeda. 

FaceApp merupakan salah satu aplikasi buatan Rusia yang bisa membuat tampilan selfie kamu menjadi lebih menarik. Pasalnya, aplikasi ini menerapkan beberapa fitur menarik yang bisa digunakan untuk mengubah wajah, seperti age, young, hair colors, glasses, female, male, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, wajah kamu akan jelas terlihat sangat berbeda, bahkan bisa dikatakan bisa meramalkan rupa wajah kamu di masa yang akan mendatang. 

Bahayanya Menggunakan Aplikasi FaceApp 

Setelah ramai digunakan, aplikasi FaceApp diberitakan bisa membahayakan para penggunanya. Tentu saja hal tersebut langsung tersebar luas dan orang menjadi takut untuk menggunakannya. Lalu mengapa hal demikian bisa terjadi? Simak ulasannya berikut ini. 
Tidak membaca lisensi atau kebijakan aplikasi FaceApp 

Aplikasi FaceApp bisa menjadi berbahaya jika kamu tidak cermat dalam memahami lisensi atau kebijakannya. Pada saat mengunduh aplikasi tersebut, biasanya akan ada beberapa kebijakan yang muncul pada halaman awalnya. Namun saking malasnya, biasanya kamu akan asal mencentang saja tanpa membaca keseluruhan kebijakan tersebut. Dengan begitu, privasi kamu bisa saja disalahgunakan oleh perusahaan FaceApp. 

Foto disalahgunakan 

Ketika kamu menggunakan aplikasi FaceApp, maka foto yang sudah kamu edit sepenuhnya dimiliki oleh perusahaan tersebut. Foto-foto yang sudah kamu ubah tersebut tidak menutup kemungkinan bisa disalahgunakan untuk kepentingan lain. Dengan begitu, kamu bisa dirugikan karena bisa saja foto yang diedit menggunakan aplikasi tersebut digunakan untuk hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan urusanmu. 

Data yang dicuri 

Jika kamu log in ke aplikasi Face App, maka server aplikasi tersebut bisa merekam data-data yang ada pada smartphone, seperti browser history. Pihak mereka akan mengetahui halaman apa saja yang kau kunjungi sehingga data tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan layanan. Jika tidak ingin hal ini terjadi, maka kamu harus cermat saat akan menggunakan aplikasi ini, terutama dalam membaca lisensinya. 

Meskipun begitu, pihak FaceApp telah memberikan klarifikasi bahwa tuduhan tersebut tidak semuanya benar. Para pengguna tentu saja bebas menggunakan aplikasi tersebut dan hasil editan foto mereka tentu saja tidak akan disalahgunakan. Selain itu, jika kamu tidak ingin data-data terekam oleh aplikasi FaceApp, sebaiknya hindari untuk log in ke aplikasi tersebut. 

Itulah beberapa ulasan mengenai bahaya menggunakan aplikasi FaceApp. Meskipun pihak FaceApp itu sendiri sudah memberikan klarifikasi, tetap saja kamu harus berhati-hati dan bijak dalam menggunakan aplikasi jika tidak ingin dirugikan. Semoga artikel ini membantu ya! 
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar