HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw
Mengupas Manfaat dan Tips Konsumsi Buah Durian, Si Raja Buah

Iklan Billboard 970x250

Mengupas Manfaat dan Tips Konsumsi Buah Durian, Si Raja Buah


Buah durian merupakan salah satu buah yang banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tentunya, Anda sudah tidak asing lagi dengan sebutan “Raja Buah” bagi buah yang penuh duri di seluruh permukaannya ini. Namun, sayangnya buah ini hanya bisa ditemui di musim tertentu saja. Banyak yang suka namun tidak sedikit yang menganggap baunya sangat menyengat. Tapi, tahukah Anda apa saja manfaat dari buah unik ini? 

Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan 

Berikut manfaat si “Raja Buah” yang perlu Anda ketahui. 

Pencegahan penyakit jantung 

Buah berduri ini mengandung berbagai nutrisi yang dapat memberikan pengaruh positif bagi tubuh. Salah satunya ialah asam folat. Unsur ini sangat baik untuk menjaga organ jantung tetap sehat dan mencegah terjadinya serangan jantung. Namun, Anda hanya perlu memakannya sebanyak 5 biji buah, agar konsumsi asam folat terpenuhi. 

Perkuat ketahanan otot 

Buah ini memberikan kekuatan lebih pada otot tubuh dengan penyerapan nutrisi sebanyak 30%. Kandungan nutrisi yang dianggap penting ialah vitamin BI atau Thiamin. Nutrisi ini dapat membuat daya serap karbohidrat sebagai unsur utama pembentukan energi berjalan optimal. 

Obat insomnia 

Zat triptofan sangat membantu Anda dalam mengatasi masalah kesulitan tidur. Insomnia dapat membuat seseorang merasakan pusing di waktu siang hari. Tentunya, konsumsi buah berbau menyengat ini sangat disarankan agar Anda tidak merasakan kantuk saat bekerja. Tetap konsumsi dengan sewajarnya ya! 

Kaya potasium 

Nutrisi ini dapat membuat aliran peredaran darah Anda lebih lancar sekaligus membuat detak jantung tetap stabil. 

Percepatan pembentukan eritrosit 

Kandungan zat besi pada buah berduri ini dapat meningkatkan proses pembentukan eritrosit. Tidak hanya zat besi, kandungan mangan maupun tembaga memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan tubuh berupa tulang dan kulit. 

Tingkatkan Mood 

Vitamin B dan nutrisi lainnya yang terkandung pada buah musiman ini dapat merubah mood menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, ternyata buah ini dapat mengobati rasa tertekan atau depresi. 

Tips sehat konsumsi buah durian 

Konsumsi buah berduri ini seharusnya dilakukan secukupnya. Meskipun kandungan nutrisinya sangat baik bagi tubuh, namun apabila dikonsumsi terlalu banyak dapat mengakibatkan penyakit tertentu seperti diabetes maupun gangguan tekanan darah. Berikut tips sehat konsumsi buah durian yang perlu Anda perhatikan. 

Perhatikan tingkat kematangan durian 

Saat memilih buah yang dikonsumsi, usahakan tidak memilih buah terlalu matang. Hal ini dikarenakan kandungan gula pada buah ini cukup tinggi sehingga kurang baik bagi tubuh. Buah dengan kandungan gula tinggi bisa dicek dari tekstur buah yang sangat lembut. Jadi, pilihlah buah matang segar dengan daging buah yang masih mengkal dan memiliki tekstur tidak terlalu lembut. 

Jangan makan terlalu banyak 

Konsumsi buah secara berlebihan seringkali terjadi dikarenakan buah tersebut tidak setiap saat dapat ditemui. Tidak sedikit yang berlebihan menuruti keinginan lidah untuk merasakan lezatnya buah ini, padahal ini tidak baik bagi kesehatan. Terutama bagi kelancaran aliran dan tekanan darah. Apalagi kandungan gula berlebih di dalam darah dapat menyebabkan gejala diabetes. Jadi, konsumsi secukupnya saja ya! 

Konsumsi bersama dengan air putih 

Jangan lupa untuk mengonsumsi buah berbau menyengat ini disertai minum air putih. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kontrol terhadap buah yang telah dikonsumsi. Selain itu, air putih dapat menstabilkan dan menjaga kinerja metabolisme dalam tubuh agar seimbang. 

Demikianlah ulasan seputar manfaat buah durian dan tips sehat konsumsi buah durian yang penting untuk Anda ketahui. Meski buah ini hanya panen pada musim-musim tertentu, jangan lantas kalap saat mengkonsumsinya agar kesehatan senantiasa terjaga.
Baca Juga
SHARE
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar